Senin, 04 April 2022

PERANGKAT KBM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 01

Sekolah                                  :  SMPN SATU ATAP TALA

Mata Pelajaran                     :  IPA

Kelas/Semester                   :  IX/Genap

Materi Pokok                       :  Bioteknologi dan Produksi Pangan

Alokasi Waktu                     :  3 JP

 

A.      Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Mengamati gambar berbagai produk mkanan lahan yang memanfaatkan hasil alam dengan bantuan mikroorganisme (literasi)

·         Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi.

·         Menjelaskan perbedaan prinsip dasar pengembangan bioteknologi konvensional dan modern.

·         Mengidentifikasi penerapan bioteknologi dalam berbagai bidang.

·         Mengidentifikasi sumber-sumber agen bioteknologi dan produk yang dihasilkan.

 B.      Media Pembelajaran & Sumber Belajar

Media                     : Laptop, LCD, power point, gambar dan video yang relevan

Sumber Belajar   : Buku IPA Kelas IX, Kemendikbud, Tahun 2013 edisi 2018.

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Prinsip dasar bioteknologi.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti ( 130 Menit )

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Prinsip dasar bioteknologi.

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Prinsip dasar bioteknologi.

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Prinsip dasar bioteknologi.

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Prinsip dasar bioteknologi. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

D.      
D. Penilaian Hasil Pembelajaran
1.       Penilaian Pengetahuan; Teknik Penilaian: Tes Uraian
2.       Penilaian Keterampilan; Penilaian Praktek

 

                                                                                                                          

       

Mengetahui,                                                                                                 Tala,                           2021

Kepala SMPN SATU ATAP TALA                                                              Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

STEPHANIA M. NAHAK, S.Pd                                                               MARIA I. IDA LEIN,S.Pd

NIP. 197112262009042001                                                                     NIP.198503252009042005

 

 

 

 

 

 

 

(RPP) 02

 

Sekolah                                  :  SMPN SATU ATAP TALA

Mata Pelajaran                     :  IPA

Kelas/Semester                   :  IX/Genap

Materi Pokok                       :  Bioteknologi dan Produksi Pangan

Alokasi Waktu                     :  2 JP

 

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Menjelaskan perbedaan bioteknologi konvensional dengan bioteknologi modern

·         Menjelaskan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia

·         Membuat salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar

·         Menyajikan produk bioteknologi konvensional yang telah dibuat

 B. Media Pembelajaran & Sumber Belajar

Media                     : Laptop, LCD, power point, gambar dan video yang relevan

Sumber Belajar   : Buku IPA Kelas IX, Kemendikbud, Tahun 2013 edisi 2018.

C.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Bioteknologi konvensional dan Bioteknologi Modern

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti ( 60 Menit )

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali klik di sini. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi  Bioteknologi konvensional dan Bioteknologi Modern tentang Pembuatan Tempe. 


Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Bioteknologi konvensional dan Bioteknologi Modern.

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Bioteknologi konvensional dan Bioteknologi Modern.

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Bioteknologi konvensional dan Bioteknologi Modern. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

D.  Penilaian Hasil Pembelajaran
 Penilaian Pengetahuan; Teknik Penilaian: Tes Uraian
 Penilaian Keterampilan; Penilaian Praktek


 

 

 

Mengetahui,                                                                                                 Tala,                           2021

Kepala SMPN SATU ATAP TALA                                                              Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

STEPHANIA M. NAHAK, S.Pd                                                               MARIA I. IDA LEIN,S.Pd

NIP. 197112262009042001                                                                     NIP.198503252009042005

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI

 Aktivitas Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19